Home » » Analisis Kebutuhan Bandwith

Analisis Kebutuhan Bandwith

Analisis Kebutuhan Bandwith


     Bandwidth adalah banyaknya kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik.

     Bandwidth seperti diungkapkan di atas adalah kemampuan maksimum dari pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik.

Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu:

1.Bandwidth Digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

2.Bandwidth Analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

     Troughput adalah andwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.
contoh: jika anda mempunyai bandwidth 1 mb tetap kemudian dipakai lagi oleh orang lain maka kecepatan banwidth akan menurun itulah yang dinamakan Troughput

  Kebutuhan bandwidth dalam jaringan: 
     Agar penggunaan bandwidth efektif, klien harus mengetahui kebutuhan layanan untuk dirinya, sehingga dapat menghitung total bandwidth yang dibutuhkan. Semakin besar bandwidth yang digunakan semakin besar pembayaran bulanan pada ISP.

keragaman kebutuhan bandwith sesuai kebutuhan
Untuk lebih jelas, segera baca contoh Studi kasus dibawah ini.

Studi Kasus!!!
     Sebuah sekolah menengah kejuruan negeri di Kudus memiliki jaringan komputer yang terdiri dari 2 ruang lab. Komputer yang terhubung untuk browsing (tidak digunakan untuk download). Hitun kebutuhan bandwidth secara ideal.

Analisa kebutuhan bandwidth Studi Kasus :

1. Penggunaan internet di sekolah banyak digunakan untuk layanan web atau browsing. Layanan web membutuhkan bandwidth minimal 128 Kbps.
2. Lab. Komputer 2 ruangan, masing-masing 25 komputer. Total komputer adalah 25*2=50 komputer.
3. Kebutuhan bandwidth adalah 128 Kbps *50=64000 Kbps.

Catatan : kebutuhan 128 Kbps adalah gambaran umum untuk layanan akses web atau browsing. Jadi untuk melakukan analisa di kline yang menggunakan layanan lainnya harus melakukan analisa mendalam pada akses bandwidth layanan yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar